5 Macam Dinding Partisi Solusi Ruangan Open Space Lebih Privasi!!

Desain ruangan terbuka atau Open space memang sering dijadikan pilihan banyak orang mengingat lahan rumah yang terbatas dan tidak mempunyai cukup ruang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Memilih desain ruangan terbuka tidak selalu mengurangi nilai privasi dari tiap ruangan, karena sekarang ini telah hadir berbagai macam jenis dinding partisi yang bisa anda gunakan tanpa dibuat permanen.

Jika dilihat dari fungsinya, dinding partisi merupakan dinding yang dapat memisahkan ruangan atau memberikan perbatasan antar ruangan dengan jelas. Tanpa adanya tembok sebagai penyekat ruangan pun, dinding ini dapat menambah nilai privasi dan kenyamanan.

Sudah banyak sekali ragam jenis dinding partisi yang tersedia, sia anda harus jeli memanfaatkan macam-macam dinding partisi sesuai dengan konsep ruangan.

1. Dinding Partisi Besi Laser Cutting

Pernahkah anda melihat beberapa dinding ruangan pada bangunan besar yang ada dikota mempunyai model partisi dengan desain yang cukup unik. Teknik yang digunakan dalam pembuatan dinding ini adalah teknologi laser cutting yang biasanya memanfaatkan bahan material seperti besi ataupun aluminium composite panel.

Menggunakan teknologi laser cutting menjadikan sebuah dinding partisi mempunyai motif dan desain yang sangat beragam. Apalagi tingkat kekuatan yang dimiliki oleh bahan ini sangat terjamin.

2. Dinding Partisi Kaca Transparan

Konsep partisi kaca yang menggunakan rangka solid dan kaca sebagai bahan utama permukaan materialnya. Sekarang sudah hadir dinding Kaca dengan berbagai motif ataupun warna yang tentunya dapat menjaga nilai privasi dari suatu ruangan.

Partisi kaca yang dipadukan dengan kaca film dapat memudahkan penggunaan dinding partisi ini secara maksimal, misalnya saja kaca film yang di lengkapi dengan anti UV hingga oto masih penyetelan transparansi. Kaca film juga tersedia seperti kaca cermin (one way).

3. Dinding Partisi Kayu (FiberBoard)

Dinding partisi yang dibuat dari kayu bisa dipasang secara permanen ataupun non permanen. Untuk kebutuhan partisi ruangan seperti aula besar / hall room dinding kayu ini dapat dimodifikasi sedemikian rupa sehingga ia sangat fleksibel dapat dibuka tutup sesuai keinginan. Bahan kayu sebagai partisi bisa menggunakan kayu asli yang Solid ataupun fiber board.

Kelebihan dari pemakaian dinding partisi kayu adalah aransemen yang ia miliki tidak terbatas. Kekurangan dari pemakaian dinding partisi kayu adalah bahannya yang rentan rusak akibat api atau rayap.

4. Dinding Partisi Blok Kaca

Selain menggunakan kaca lembaran sebagai partisi, anda juga bisa menggunakan partisi yang dibuat dari blok kaca. Blok kaca mempunyai sifat yang tembus cahaya dan ukuran ketebalan maupun model yang berbeda-beda, hal ini tentu saja dapat menambah nilai dekoratif yang tangguh sebagai partisi ruangan. Biasanya, pemasangan dari dinding partisi blok kaca dilengkapi dengan material konkret layaknya dinding pada umumnya.

Banyak yang menggunakan aksen motif berupa warna yang indah untuk menambahkan nilai estetika sesuai dengan konsep ruangan. Tentunya, kesan privasi akan terus hadir.

5. Dinding Partisi Bata Industrial

Desain bangunan dengan gaya industrial beberapa tahun terakhir sudah menjadi tren, bahkan pada perumahan dengan model kontemporer sekalipun. Dengan gaya industrial yang Raw nuansa material ekspos natural dinding batu bata tahan untuk pemakaian dalam waktu lama serta dapat anda beli dengan harga yang cukup terjangkau.

Dinding partisi dapat memisahkan ruangan dengan strategis, bahan dinding bata memaksimalkan bentuk konstruksi yang Solid dan padat sehingga kedua ruangan pun bisa terpisah secara sempurna.

Setelah membaca artikel di atas, apakah anda sudah mengetahui kira-kira dinding partisi apa yang cocok untuk bangunan dan kebutuhan anda? Pastikan anda memilih sebuah partisi ruangan dengan bahan yang sesuai dengan kriteria standar untuk penggunaan secara permanen ataupun non permanen. Dinding partisi juga harus mempunyai sifat yang kuat dalam menahan benturan.

Referensi: https://www.dekoruma.com/artikel/89647/macam-dinding-partisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *